Membuat Minuman Fermentasi, segar dan menyehatkan

Minuman Fermentasi?

Fermentasi Buah Jambu



Iya benar minuman fermentasi, minuman yang diolah untuk memaksimalkan kandungan gizinya.

Yogurt dan kefir adalah salah satu contoh minuman fermentasi dari susu. Tetapi nilai gizi yang terkandung jauh melebihi susu.

Proses fermentasi minuman dengan menambahkan bacteri Lactobacillus yang akan bekerja mengekstraksi zat zat dalam buah buahan agar lebih memberi manfaat yang maksimal. Yah pokoknya kira kira begitu, karena itu bukan keahlian saya ^_^.

Manfaat fermentasi sendiri sekaligus memperpanjang masa pakai bahan organik tanpa bantuan bahan kimia apapun.

Daripada banyak basa basi yuk langsung praktek aja ya. Karena kebetulan kemarin abis buat Fermentasi buah Jambu dan buah Naga, maka resep kali ini saya mau membuat fermentasi  kedua buah ini. sewaktu tulisan ini ditulis, harga buah Naga cuma 10.000 / kg dan Jambu 5000/kg. 

Yang pertama siapin bahan bahannya dulu:

300 gram daging buah naga dan jambu
100 gram gula
1liter air
1 sdt bacteri stater Lactobaccilus 

Cara membuatnya: 
1. blender daging buah, air dan gula.
2. Setelah halus masukkan kedalam botol, tambahkan bakter stater dan dengan tutup airlock system.

airlock system bisa dibuat sendiri.
Contoh airlock system


3. Biarkan selama minimal 3 hari hingga 1 bulan
4. Setelah selesai fermentasi, saring buang ampas dan segera simpan kedalam kulkas.

minuman fermentasi akan lebih baik diminum saat lambung kosong, tapi saya pribadi yang punya masalah dengan asam lambung, lebih suka meminumnya saat sesudah makan. atau kadang saya encerkan dulu keair, agar rasanya tidak terlalu asam.

untuk cara membuat airlock systemnya, silahkan baca disini

Jika ada yang ditanyakan silahkan dikolom komentar ya, atau bisa Japri saya di contact no saya

Komentar

Postingan Populer